Masa Pandemi Covid-19, SMKN 2 Sungailiat Laksanakan MPLS Secara Virtual

Sungailiat – Menghadapi tahun ajaran baru 2020/2021 di masa pandemi Covid-19, SMK Negeri 2 Sungailiat tetap mengadakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Tak bisa bertemu tatap muka langsung.

Kegiatan dilakukan secara virtual atau secara daring, dengan menggunakan aplikasi meeting online.

“Alhamdulillah SMKN 2 Sungailiat telah selesai melaksanakan MPLS bagi peserta didik baru. Terima kasih kepada panitia yang telah merancang MPLS ini, di mana di tengah pandemi Covid-19 kita bisa memanfaatkan teknologi secara baik,” ungkap Kepala Sekolah SMKN 2 Sungailiat, Tego, Jumat, 17 Juli 2020.

MPLS dilaksanakan selama 3 hari, sejak Senin kemarin, dengan jumlah 288 peserta. Pemateri yang dihadirkan berasal dari internal sekolah, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Bangka Boy Yandra, serta pihak kepolisian sektor Sungailiat.

“Calon peserta didik SMKN 2 Sungailiat yang ikut berasal dari 5 kompetensi keahlian yang berjumlah 288 peserta, dimana kegiatan ini disambut antusias dengan kegiatan yang dilakukan secara online ini mengingat keamanan dan kesehatan peserta yang masih berada di zona belum hijau Covid-19,” ungkapnya.

Dijelaskan dia, dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa kendala misalnya masalah keterbatasan kuota internet siswa dan jangkauan sinyal operator seluler yang belum merata di kediaman calon siswa.

“Meskipun masih ada beberapa kendala teknis, namun ini sebagai evaluasi untuk perbaikan kedepan. Mudah-mudahan ini dapat membantu peserta didik baru untuk lebih mengenal lingkungan barunya dan dapat beradaptasi pada saatnya nanti ketika sudah bisa melaksanakan KBM secara tatap muka,” jelasnya.

Sementara itu salah satu calon siswa dari kompetensi keahlian multimedia, Rahmat, yang berasal dari Desa Cit, Kecamatan Pemali, mengatakan cukup terbantu dengan kegiatan MPLS ini dalam mengenal lingkungan sekolah namun tetap aman di rumah masing-masing.

Namun menurut Rahmat, metode daring ini merupakan hal baru baginya dan masih perlu penyesuaian.

Pada kegiatan MPLS siswa diperkenalkan dengan guru-guru, sarana prasarana, kurikulum, serta tata tertib serta diberikan materi tentang antisipasi dan penanganan Covid-19 serta sosialisasi tentang peraturan lalu lintas di jalan raya.

Sumber:

Lensa Babel

Masa Pandemi Covid-19, SMKN 2 Sungailiat Laksanakan MPLS Secara Virtual

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *