Uji Kompetensi Keahlian (UKK) merupakan penilaian yang diselenggarakan khusus bagi siswa SMK untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik yang setara dengan kualifikasi jenjang 2 (dua) atau 3 (tiga) pada KKNI. UKK dilaksanakan di akhir masa studi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi atau satuan pendidikan terakreditasi bersama mitra dunia usaha/industri. Hasil UKK bagi peserta didik akan menjadi indikator ketercapaian standar kompetensi lulusan. Dalam Pelaksanaan UKK, sekolah dapat memilih salah satu atau beberapa dari 6 (enam) jenis skema penyelenggaraan ujian berikut:

  1. Ujian melalui sistem sertifikasi mitra dunia kerja atau Asosiasi Profesi: SMK terakreditasi dan mitra dunia kerja atau asosiasi profesi melakukan uji kompetensi pada TUK yang telah disepakati bersama mengacu standar kualifikasi kompetensi yang ditetapkan mitra dunia kerja atau asosiasi profesi dengan tujuan mendapatkan sertifikat yang diakui oleh, asosiasi profesi, asosiasi industri, dan/atau mitra dari mitra dunia kerja;
  2. Ujian melalui LSP Pihak Kesatu (LSP-P1): LSP yang didirikan oleh lembaga pendidikan dan atau pelatihan dengan tujuan utam melaksanakan sertifikasi kompetensi kerja terhadap peserta pendidikan/pelatihan berbasis kompetensi dan /atau sumber daya manusia dari jejaring kerja lembaga induknya, sesuai ruang lingkup yang diberikan oleh BNSP;
  3. Ujian melalui LSP Pihak Kedua (LSP-P2): LSP yang didirikan oleh industri atau instansi dengan tujuan utama melaksanakan sertifikasi kompetensi kerja terhadap sumber daya manusia lembaga induknya, sumber daya manusia dari pemasoknya dan /atau sumber daya manusia dari jejaring kerjanya, sesuai ruang lingkup yang diberikan oleh BNSP;
  4. Ujian melalui LSP Pihak Ketiga (LSP-P3) : LSP yang didirikan oleh asosiasi industri dan/atau asosiasi profesi dengan tujuan melaksanakan sertifikasi kompetensi kerja untuk sektor dan atau profesi tertentu sesuai ruang lingkup yang diberikan oleh BNSP;
  5. Ujian melalui Panitia Teknis Uji Kompetensi (PTUK) sesuai regulasi yang dikeluarkan oleh BNSP;
  6. UKK Mandiri : SMK terakreditasi yang melakukan uji kompetensi secara mandiri menggunakan instrumen UKK yang disusun oleh pemerintah pusat sebagai standar minimal dengan melibatkan mitra dunia kerja dan berorientasi pada standar kompetensi lulusan.

SMKN 2 Sungailiat Tahun pelajaran 2021/2022 melaksanakan Uji Kompetensi Keahlian secara mandiri menggunakan instrumen UKK yang disusun oleh pemerintah pusat sebagai standar minimal dengan melibatkan mitra dunia kerja dan berorientasi pada standar kompetensi lulusan, Pelaksanakan Uji Kompetensi Keahlian tahap 1 dilaksanakan pada hari Selasa s.d Jum’at 17 s.d 20 Mei 2022 dan tahap 2 dilaksanakan pada  Hari Senin s.d Rabu 23 s.d 25 Mei 2022, Adapun Kompetensi keahlian yang diujikan diantaranya:

Tahap 1 (17 s.d 20 Mei 2022)

1. Kompetensi Keahlian Teknik Pengelasan DUDIKA Pasangan PT Dok dan Perkapalan Air Kantung

Materi Uji Kompetensi Pengelasan Pelat dengan Pelat sambungan Sudut posisi mendatar, Sambungan Tumpul Posisi dibawah tangan,  mendatar dan Vertikal dengan proses las SMAW dan GMAW diikuti oleh 67 peserta didik kompetensi keahlian Teknik Pengelasan dengan asesor Internal Bahrul, S.ST dan Arief Amirudin, S.Pd dengan asesor Eksternal PT Dok dan Perkapalan Air Kantung/Departemen QC  Nana Mulyana.

         

2. Nautika Kapal Penangkap Ikan DUDIKA Pasangan PPN Sungailiat

Materi Uji Kompetensi Keahlian Perakitan, Pengoperasian dan pemeliharaan Alat Tangkap Jaring Insang (Gillnet), diikuti oleh 36 peserta didik kompetensi keahlian Nautika Kapal Penangkap Ikan dengan asesor Internal Syamsul Rifa’i,  dan asesor Eksternal PPN Sungailiat Salim Aprianto, S.St.Pi.

3. Multimedia DUDIKA Pasangan Biro Inews Pangkal Pinang

Materi Uji Kompetensi Keahlian pembuatan video iklan produk UMKM untuk Media Televisi, diikuti oleh 66 peserta didik kompetensi keahlian Multimedia dengan asesor Internal Riky Ardiansyah, S.Kom dan asesor Ekternal Biro iNews Pangkalpinang/Ketua IJTI Bangka belitung Joko Setywanto, SE.

         

4. Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran DUDIKA Pasangan Bank Sumsel Babel Cabang Sungailiat

Materi Uji Kompetensi Keahlian Mengelola Dokumen Kantor, diikuti oleh 28 peserta didik kompetensi keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran dengan asesor Internal Anik Setyowati, S.Pd  dan asesor Eksternal Bank Sumsel Babel Cabang Sungailiat.

Tahap 2 (23 s.d 25 Mei 2022)

1. Teknika Kapal Penangkap Ikan DUDIKA Pasangan PPN Sungailiat

Materi Uji Kompetensi Keahlian Perawatan Mesin Kapal, diikuti oleh 30 peserta didik kompetensi keahlian Teknika Kapal Penangkap Ikan dengan asesor Internal Feri Hendani, S.Pd.Ek  dan asesor Eksternal PPN Sungailiat Galuh Purba, S.Tr.Pi.

Demikian informasi mengenai Uji Kompetensi Keahlian SMK Negeri 2 Sungailiat Tahun pelajaran 2021 – 2022. Salam Merdeka Belajar, SMK Bisa !!!

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *